Kamis, 30 Agustus 2012

Kebiasaan Buruk Lemahkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian yang vital untuk menangkal berbagai serangan kuman ataupun penyakit yang menyerang tubuh. Jika sistem imun tubuh sampai melemah maka berbagai ancaman kesehatan yang serius akan datang menyerang. Banyak hal yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, contohnya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 10 kebiasaan buruk yang yang dapat melemahkan system kekebalan tubuh Kamu:
  1. Merokok Mungkin Kamu sudah menduga bahwa merokok akan masuk dalam daftar kebiasaan buruk yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain dapat menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga dapat melemahkan sistem imun tubuh Kamu. Berbagai macam toksin yang terkandung di dalam rokok dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh sekaligus memengaruhi jumlah sel imun yang ada dalam tubuh Kamu. Tidak heran jika Kamu seorang perokok maka akan banyak gangguan kesehatan yang akan Kamu alami, seperti asthma, bronchitis, dan bahkan pneumonia. Tidak ada cara lain selain BERHENTI MEROKOK agar Kamu selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.
  2. Mengkonsumsi Alkohol Konsumsi alcohol berlebih dapat menyebabkan rusaknya sistem imunitas tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menghancurkan sel-sel antibodi yang berperan penting dalam melawan berbagai infeksi akibat serangan virus. Jika Kamu banyak mengkonsumsi alcohol, maka tubuh Kamu akan rentan terhadap serangan berbagai penyakit dan juga infeksi, seperti tuberculosis. Jadi, hindarilah mengkonsumsi alcohol dan beralih ke pola hidup sehat.
  3. Kurang Olahraga Penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi dalam melawan berbagai macam bentuk penyakit yang menyerang tubuh Kamu. Semakin kuat fisik tubuh Kamu, maka semakin kuat pula sistem kekebalan tubuh Kamu. Tapi ingat, olahraganya jangan terlalu diporsir hingga akhirnya Kamu kurang istirahat.
  4. Terlalu banyak berolahraga Kurang berolahraga tidak boleh, begitu juga dengan olahraga yang berlebihan, semuanya harus seimbang. Terlalu banyak berolahraga ternyata dapat membuat tubuh Kamu menjadi lebih tegang. Hal tersebut akan memberi pengaruh negative terhadap sistem imun tubuh Kamu. Tidak hanya itu, terlalu memaksa tubuh Kamu melakukan berbagai macam latihan juga tidak baik untuk sistem kardiovaskular tubuh Kamu. Biar bagaimanapun, istirahat tetaplah penting, karena dengan beristirahat maka tubuh Kamu akan pulih dari rasa letih. Istirahat sama pentingnya dengan olahraga yang cukup, keduanya akan menguatkan sistem imun tubuh Kamu.
  5. Kurang tidur Seperti teah disebutkan di atas bahwa istirahat yang cukup dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh Kamu, jadi jika Kamu kurang tidur karena banyaknya aktivitas yang harus Kamu lakukan, maka akan banyak gangguan yang terjadi dalam tubuh Kamu. Ketika Kamu tidur, maka tubuh Kamu, layaknya mesin yang kembali diisi bahan bakar, akan memulihkan berbagai fungsi naturalnya, termasuk fungsi kekebalan tubuh. Jika tidur Kamu sampai kurang, maka Kamu akan rentan dengan berbagai serangan infeksi dan juga berbagai gangguan kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas
  6. Kurang minum air Air yang Kamu minum dapat meningkatkan proses pembuangan toksin dari dalam tubuh melalui urin yang diekskresi. Dengan berkurangnya toksin dari dalam tubuh, maka kerja sistem imun akan lebih ringan. Bayangkan jika terlalu banyak toksin yang harus di”urus” oleh sistem imun tubuh kita, maka lama kelamaan fungsi sitem imun pun akan menurun. Oleh karena itu, perhatikan konsumsi air yang Kamu minum, jangan sampai kekurangan.
  7. Higienitas yang buruk Jika Kamu berada dalam lingkungan yang kurang hygiene, maka akan semakin besar kemungkinan virus, bakteri ataupun kuman yang lain untuk menyerang tubuh Kamu. Dengan begitu, maka kerja sistem imun pun akan semakin berat dan lambat laun fungsinya juga akan menurun. Oleh karena itu, perilaku hidup hygiene sangat penting untuk ditanamkan kepada anak-anak kita dan harus senantiasa dipelihara.
  8. Stress Stress dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Kamu. Stress yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormone dalam tubuh Kamu. Tidak hanya itu, sistem imun yang melemah akan membuat proses pemulihan tubuh kamu dari luka akan menurun. Pada akhirnya, jika keadaan stress itu terus terjadi, maka ancaman kesehatan yang semakin serius pun tidak akan terelakkan lagi.
  9. Terlalu banyak terpapar sinar matahari Terlalu banyak terekspos sinar matahari tidak hanya akan meningkatkan kemungkinan untuk terserang kanker kulit, tetapi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Kamu. Sebuah penelitian menunjukkan adanya korelasi antara tingkat radiasi UV yang tinggi dengan rusaknya sistem imun tubuh manusia. Ada baiknya juga kalau Kamu menggunakan sunblock cream saat keluar rumah saat sinar matahari sangat terik.
  10. Berat Badan berlebih Berat Badan yang berlebih juga disinyalir menjadi salah satu penyebab melemahnya sistem imun tubuh manusia. Para peneliti telah menemukan bahwa obesitas akan melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Penelitian lanjutan bahkan menemukan bahwa obesitas akan meningkatkan kemungkinan tubuh untuk terserang infeksi akibat melemahnya sistem imun. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolahraga yang cukup sangat penting untuk menjaga agar berat badan tidak berlebih dan selalu sehat.



    sumber : http://informasitips.com/10-kebiasaan-buruk-yang-melemahkan-sistem-kekebalan-tubuh-imunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar